Monday, March 4, 2013

Kebiasaan Buruk Mahasiswa

Assalamu'alaikum. Dunia malam sudah tidak aneh bagi Mahasiswa. Betapa tidak, mereka sering melakukan kegiatan pada saat itu. Entah mengerjakan tugas, rapat, bahkan cangkrukan. Tak bisa dipungkiri dunia malam sudah menjadi sahabat karib Mahasiswa. Perempuan laki-laki, semua sudah setara. Pulang malam bahkan pagi sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Kebiasaan ini yang perlu kita bahas lebih mendalam supaya tau dampak dan antisipasi kegiatan begadang.
Alasan mengerjakan tugas sudah lumrah dilontarkan ketika kita sedang begadang. Secara kita mahasiswa dan sedikit lagi kita mencapai tahap kerja yang 'katanya' tugasnya lebih banyak dan berat, jadi mau takmau kita dipaksa mengerjakan suatu pekerjaan yang menguras banyak waktu dan tenaga. Hal ini bisa diatasi dengan bagi tugas jika deadline pengerjaan tugas H-1. Tetapi, jika memakan waktu hampir 1 minggu, kita bisa atasi dengan mencicil sedikit demi sedikit. Memang susah melakukan hal ini, tetapi hal ini terbukti meringankan beban kita saat mengerjakan tugas. Ada lagi alasan mengerjakan lapres yang tidak bisa dikerjakan bersama-sama dan itu pun tulis tangan dengan tebal halaman 7 lembar a4 margin 3-3-3-3. Ini juga bisa dikerjakan dengan cara dicicil. Misal, ketika rapat, nunggu jam masuk kuliah, setelah shalat subuh, atau bisa juga sebelum tidur nyicil satu lembar. Tak perlu memakan waktu seharian hingga tidak merebahkan badan untuk menyelesaikan ini.
Rapat sudah menjadi kewajiban bagi Mahasiswa yang suka organisasi. Apalagi jika mengikuti lebih dari organisasi. Pasti lebih sering rapat ya. Hal yang menjadi kebiasaan buruk saat rapat adalah out of topic yang sering menyelimuti pembahasan. Belum lagi kedatangan yang molor dengan alasan makan, baru mandi, atau apalah itu. Harus ada kesadaran dari diri sendiri untuk permasalahan ini. Ketepatan waktu dan bahasan harus menjadi prioritas utama. Disamping itu pemimpin rapat juga harus lebih bisa memporsikan bahasan yang nantinya tidak akan memakan waktu hingga larut malam. Pemimpin rapat juga harus tegas dan berani memulai rapat tepat waktu supaya rapat bisa selesai tepat waktu dan tepat bahasan. Tips dari saya yang sudah beberapa kali memimpin rapat, silahkan tentukan jam mulai rapat hingga jam selesai rapat diundangan rapat(jarkom, surat, dsb) jangan juga menuliskan jam berkumpul sampai selesai(exp:18.00-selesai).
Cangkruk adalah kebiasaan yang tidak bisa dibilang buruk dan tidak bisa pula dibilang baik. Ini adalah suatu ritual penghilang galau setelah seharian kuliah. Biasa ditemanidengan gorengan, es teh, kopi, dsb. Walaupun bisa menghilangkan galau, tetapi cangkruk juga bukan satu-satunya cara menenangkan diri dari kelelahan beraktivitas dan berfikir seharian. Masih ada tidur yang lebih menenangkan dan menyehatkan. Disamping tidak menguras dompet, tidur juga bisa membantu mengatasi lelah dan menghilangkan beban. Jika dimalam tersebut kita tidak bisa tidur karena permasalahan amat sangat rumit dan menguras otak, sebelum tidur bisa diselingi dengan mencuci baju kotor. Luapkan segala emosi pada cucian. Setelah lelah, silahkan bersih diri dan rebahkan badan.
Sebagai mahasiswa, alangkah baiknya jika kita bisa menjaga pula hidup sehari-hari dengan teratur. Dari pada begadang semaleman, lebih baik tidur awal untuk bangun pagi dan menuju stadion untuk berolahraga. Tips tambahan, jika bisa berkumpul dengan teman di pagi hari kita bisa menggunakan fasilitas olahraga di kampus dengan gratis(asal ga ketahuan) dan pastinya pada waktu pagi tersebut jarang ada yang ,enggunakan fasilitas olahraga. Sekian, wassalamu'alaikum

1 comment:

  1. Wew keren nih tipsnya gan, thanks
    Kenalin dlu aku its juga, ahahah

    ReplyDelete

Popular Posts

Recent Post