Wednesday, November 13, 2013

Catatan Diskusi Terbuka

Tepat malam ini lagi-lagi diskusi terbuka dilaksanakan. Awalnya di jarkom waktu DT jam 20.00. Tapi sengaja saya datang jam 19.10 karna ingin melihat persiapan temen-temen elemen pengader. Dan akhirnya acara dibuka jam 08.07 wib, terlambat 7 menit dari waktu yang seharusnya. Ini forum yang terbagus yang saya tau. Karena hanya terlambat 7 menit dari waktu yang seharusnya. Saya pribadi punya catatan tersendiri tentang forum seperti ini. Dulu  namanya OT(open talk), dan forumnya ya mayoritas bahas kaderisasi. Bukan mayoritas lagi, tetapi semua forum seperti ini pasti membahas kaderisasi. Padahal kaderisasi hanya menyumbang tak lebih dari 10% dari kesuksesan kepengurusan. Ya memang nilai kepengurusan itu bukan segalanya. tetapi suatu hal yang konyol ketika setengah kepengurusan dihabiskan dengan memikirkan mlonco maba(yang berfikir seperti ini masih ada ternyata). Tetapi bayangkan, forum untuk hal semacam big even seperti olimpiade dan lain sebagainya. 
Oke kita lanjut berjalannya forum seperti apa. Seperti biasa, mereka yang disebut warga itu pasti menanyakan kelengkapan elemen pengader dan pengurus inti. Suatu hal yang lucu, dimana mereka dahulu juga tak pernah bisa memenuhi hal tersebut. Selain itu juga waktu dimulainya forum juga dipertanyakanl. Karena terlambat 7 menit dari waktu yang telah ditentukan. Dan kalian tahu siapa yang menanyakan? yang menanyakan adalah mereka yang tidak ada di tempat saat pukul 20.00. Saya dan teman saya cuma bisa tertawa, diselimutu sedikit amarah yang tak tertuangkan. Bayangkan, teman kita sendiri dipermasalahkan karena kesalahan mereka sendiri. Pasti ditanyakan mengapa saya tidak langsung menegur orang tersebut. Jawabnya simple, senior selalu benar. Oh, iya. Saya belum memberikan definisi dari warga. Warga adalah mahasiswa tahun ke 4 dan diatasnya, dengan kata lain dia senior kami.
Kalimat senior selalu benar ternyata tidak hanya berlaku di maba, tetapi juga di kalangan kami. Mengapa saya mengatakan demikian, karena seluruh yang mereka permasalahkan itu dahulunya juga mereka lakukan. Bahkan lebih parah dari kondisi ini. Data mengatakan forum semacam ini pada masa mereka tidak pernah terlambat kurang dari 10 menit. Selain itu, seperti masalah kelengkapan, dahulu pun lebih parah. Bahkan yang datang hanya itu-itu saja.
Sempoat keluar perkataan "kalian aja ga disiplin, gimana mau ngader adiknya". Oke, itu yang dibicarakan. Data terbaru menyatakan yang menuntuk kami disiplin pun tidak disiplin. Lantas, siapa yang tidak pantas? Dulu saya pernah dikasih tau kalau mau mengkritik itu ya 'macak' dulu. Ya seharusnya yang menuntut itu bisa memberikan contoh yang baik pula. Dengan cara apa? Ya silahkan minimal datang tepat waktu, atau bisa lagi datang dengan teman-teman yang tidak itu-itu saja. Dan tambahan supaya cepat-cepat meninggalkan selogan senior pasti benar.
Maaf, ini hanya catatan saya pribadi. Dan diperuntukan untuk menjadi pelajaran bersama. Bukan untuk mengumbar aib.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Post